Para Pelajar di Satar Mese Manggarai Berpakaian Adat Meriahkan Hari Sumpah Pemuda

Manggarai, FN – Peringati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95, para pelajar SMAS St. Maria Iteng, gelar pentas seni teater, di lima titik lokasi di wilayah Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

HPS 2023 tersebut mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” bertujuan mengangkat semangat kolaborasi dari keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya untuk kemajuan bangsa. 

Bacaan Lainnya

Suasana pada 28 Oktober 2023 pagi itu para pelajar sangat berbeda dari hari-hari biasanya. Sejak pagi para siswa sudah hadir ke sekolah dengan aneka ragam busana, ada yang menggunakan pakaian adat dari beberapa daerah di Indonesia, ada yang berbusana layaknya pemuda pejuang zaman kemerdekaan, bergaya fashion show kekinian dan lainnya.

Pergelaran tersebut berlangsung di lima titik dimulai dari halaman SMAS St. Maria Iteng, Gerbang SMPN 1 Satar Mese, Pertigaan Pasar Iteng, Gerbang SMPN 12 Satarmese, dan Gerbang SMPK Sinar Ponggeok.

Kegiatan Pentas Seni Teater dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMAS. St. Maria Iteng, RD. Venansius Gusman yang dihadiri oleh para guru SMP dan SMA, dan juga para siswa dan siswi peserta Pentas Seni Teater.

Kegiatan ini dikawal oleh personil Polsek Satarmese, yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Satarmese Iptu Galus Keko.

Pentas Seni Teater pada HSP ini tentu saja memiliki tujuan untuk membangkitkan jiwa Nasionalisme, meningkatkan semangat serta tumbuh kembang pemuda, dan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa “Menuju Indonesia Maju”.

Kegiatan ini yang dimulai pada pukul 09.00 Wita, dan berakhir pada pukul 11.25 Wita, terpantau berlangsung dengan aman dan lancar.

Penulis: Tary Pantur