Rebut Tiket Cakada, Heri Ngabut Daftar ke Bintang Tiga

Manggarai, FN – Heribertus Ngabut yang saat ini menjabat wakil bupati Manggarai secara resmi mendaftar ke Partai Demokrat, Senin (15/4/2024).

Ia datang untuk merebut tiket calon kepala daerah (Cakada) setelah resmi menyatakan sikap tak ingin mendampingi Heri Nabit lagi di Pilkada 2024.

Bacaan Lainnya

Seperti dipantau, Ngabut datang bersama keluarga dan tim pemenang menuju Sekretariat Partai Bintang Tiga di Konggang, Kecamatan Langke Rembong.

Mereka diterima oleh Ketua, Sekretaris dan seluruh jajaran DPC Partai Demokrat yang juga baru selesai menerima pendaftar sebelumnya, yakni Adrianus Suardi.

Berkas Ngabut pun dinyatakan lengkap dan diterima oleh seluruh jajaran partai demokrat untuk ditindaklanjuti ke Kupang.

Dalam sambutannya Sekretaris Partai Demokrat Kabupaten Manggarai, Wili Puung menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Pa Heri Ngabut yang mau mendaftar ke partainya.

Menurut Wili, ini kali pertama Heri Ngabut mendaftar ke partai demokrat pasca bergabung dalam dunia politik.

“Seingat saya baru kali ini Pa Heri Ngabut mau datang mendaftar ke demokrat semenjak bergabung ke dunia politik. Terima kasih untuk kesiapannya, bagi kami ini sudah luar biasa” kata Wili.

Wili menambahkan, dengan dibukanya pendaftaran menandakan bahwa demokrat belum punya bakal calon, entah itu bakal calon bupati atau bakal calon wakil bupati.

Demokrat sangat terbuka untuk umum, siapa saja yang mau mendaftar akan diterima dengan senang hati, bahwa kemudian ada cerita kesana kesini itu biasa dalam dunia politik.

Wili berkata, salah satu tradisi dalam demokrat adalah berdiskusi untuk bisa menyamakan visi misi bakal calon dengan program partai, tetapi untuk hal-hal lain di luar visi misi tidak menjadi hal yang utama.

“Nanti kita samakan visi misi, ketemunya dimana. Kalau sudah ketemu nah ini cocok. Tapi kalau hal-hal lain itu tidak menjadi bagian utama dari demokrat” ucap Wili.

Lebih lanjut Wili mengatakan bahwa sebulan rencana pendaftaran ini puncaknya di Rakercab.

Rakercab ini merupakan sebuah wadah untuk memaparkan visi misi cabang. Untuk itu semua bakal calon yang sudah mendaftar ke demokrat siap-siap akan dipanggil pada awal sampai pertengahan Mei untuk berangkat ke Kupang.

Wili juga mengingatkan bahwa pada tanggal 24 April ini ketua DPD akan pergi ke DPP untuk membawa dokumen semua bakal calon yang sudah mendaftar di DPC.

“Jadi jadwal untuk semua DPC di NTT itu tanggal 24, paling lambat tanggal 23, karena tanggal 24 ketua DPD harus sudah mempersentasekan dokumen para bakal calon di hadapan DPP” terang Wili.

Ketua Panitia Pendaftaran Partai Demokrat, Agus Kabur pada kesempatan itu mengatakan bahwa kedatangan Pa Heri Ngabut hari ini ke Sekretariat dalam momen pendaftaran merupakan makna yang sangat penting, sangat besar dan istimewa.

Selain itu, kata Agus, kedatangan Pa Heri Ngabut juga menjadi sebuah inspirasi besar bagi masyarakat Kabupaten Manggarai bahwa pemilu itu adalah ajang perebutan kekuasaan yang sah atas perintah undang-undang.

Sehingga kegiatan ini mempunyai makna nasional dan makna bonum comune yang sangat jelas.

Ia pun mengajak semua pihak untuk menyikapi momen hari ini sebagai karya Tuhan karena Tuhan sudah hadir lewat Pa Heri Ngabut.

“Jadi Pa Heri Ngabut ini telah menjadi manusia yang diutus untuk membawa makna bonum comune bagi kita semua” tutur Agus.

Terkait dengan pendaftaran Heri Ngabut ke demokrat, Agus berkata bahwa pihaknya tentu hanya bertugas menerima pendaftaran, selain dari itu tidak.

Jadi kerjanya hanya mencatat, mendengar, mendokumentasikan dan memverifikasi berkas bakal calon untuk selanjutnya diproses ke Kupang.

Karena itu ia pun berjanji akan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh proses dan memaknai urusan ini sebagai beban tugas kepanitiaan yang harus diselesaikan dengan baik.

Sementara itu bakal calon bupati Heri Ngabut menyampaikan ucapan puji dan syukur kepada Tuhan atas perjumpaan yang penuh makna ini sehingga ia bisa datang mendaftar ke demokrat.

Ia pun mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan partai demokrat yang telah membuka pendaftaran bagi ia dan semua bakal calon lain untuk berkompetisi di Pilkada Manggarai 2024.

Karena itu ia berharap agar partai demokrat menjadi salah satu partai pemenang dalam Pilkada tahun ini.

Mantan Kepala Kesbangpol Kabupaten Manggarai ini juga mengakui bahwa demokrat adalah partai yang baru pertama kali ia menjajakan kaki selama bergerak dalam dunia politik.

Hal itu, kata dia, bukan berarti tidak jodoh tetapi ada hal lain yang belum sempat dijahit secara bersama.

“Kali ini memang momen yang sangat penting untuk saya bertandang ke demokrat. Hal tersebut berangkat dari keyakinan pribadi bahwa demokrat adalah salah partai yang bisa mengusung saya di Pilkada 2024. Maka dari itu kita jahit bersama” kata Ngabut.

Dihadapan pengurus Demokrat Manggarai, Heri Ngabut menyampaikan kesiapannya dalam pertarungan Pilkada Manggarai mendatang. Ia mengharapkan dukungan dari Partai Demokrat dan menghantarnya untuk menjadi Bupati Manggarai 2025-2029.

Penulis: Albertus Frederiko DavidsĀ 

Pos terkait